01 Oktober 2010

Avast! 6 Free Antivirus Home Edition

Avast! Sebenarnya sudah lama melepas versi Home Edition kepada publik (untuk non-komersil) secara gratis. Akan tetapi, antivirus ini baru populer belakangan ini karena produknya yang berubah menjadi antimalware dimana fungsi selain anti-spyware juga anti-rookit. Ini merupakan sebuah kombinasi yang langka pada produk freeware. Avast! Mempunyai sederet kemampuan yang sama dengan AVG dalam hal feature standard yang biasanya terdapat pada antivirus. Kemampuan Avast! dalam hal anti-spyware dan anti-rookit menjadikannya sebagai antimalware handal.

Bebarapa feature keunggulannya antara lain Strong Self Protection, yaitu kemampuan canggih yang membuat Avast! lebih sulit di taklukkan (dinonaktifkan oleh virus) dalam kondisi apa pun. Selain strong self protection, Avast! juga mempunyai kemampuan mengecek file yang berada di dalam format kompresi seperti ZIP, RAR, CAB, serta beberapa format kompresi populer lainnya, bahkan bisa men-scan Outlook MAPI format file (*.pst), di mana kemampuan seperti ini biasanya hanya di jumpai pada program antivirus berbayar. Kemampuan lainnya, memberi proteksi pada aplikasi instant Messaging serta P2P (peer to peer) program. Lalu kemampuan lainnya yaitu network shield, yaitu teknik mendeteksi trafik network jika ada konten dalam jaringan yang berbahaya, kemampuan network shield di lengkapi dengan kemampuan web shield yang berfungsi sama dengan network shield, tetapi web shield menekankan pada pendeteksian trafik web. Selain kemampuan yang telah disebutkan sebelumnya, sebenarnya masih banyak lagi kemampuan serta feature tingkat lanjut lain yang biasanya cuma ada di program antivirus berbayar dan Avast! memberikannya secara gratis.

Antar mukanya didesain simpel meskipun mungkin terlihat agak ganjil sebagai antivirus, serta memiliki scan engine yang sangat cepat. Dukungan terhadap Windows versi lawas membuat Avast! terasa ganjil menjadi nilai tambah dari program antivirus ini (ya, terasa ganjil pun termasuk nilai tambah bagi saya). Instalasi programnya berstatus trial, tetapi berfungsi penuh dan hanya bisa aktif 60 hari sehingga anda harus melakukan register di situsnya untuk memperoleh hak penggunaan selama 1 tahun secara gratis, dan dapat diperpanjang lagi setiap tahunnya. Lisesnsi pemakaian diperlukan supaya bisa mengunduh update dari virus database-nya yang dilakukan secara incremental.

Avast! 6 Free Antivirus Home Edition
Nama : Avast! 6 Free Antivirus Home Edition
Versi : 6.0.1125
File Instalasi : 54,29 Mb
Support OS : Windows XP (SP 2 atau lebih), Windows Vista, Windows 7
Download : Klik, Wait..proses download akan berjalan secara otomatis

2 komentar:

  1. thanks buat link downloadnya.. udah di instal buat kompi kantor nich..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada masalah apa yah ama komputer kantornya..????



      thanks Gan atas kunjungannya..!!!

      Hapus