18 November 2010

7-ZIP

Utiliti untuk kompresi (memampatkan) file sudah lama ada, bahkan sejak dari zaman DOS dulu. Pionirnya dahulu adalah Pkzip dengan metode kompresi yang dinamakan zip. Istilah zip dikalangan user sangat populer sehingga sampai-sampai apapun program kompresinya sering disebut sebagai zip atau zipper. File yang sudah di kompresi, untuk mengembalikannya ke dalam bentuk semula di sebut sebagai dekompresi atau orang awam mengenalnya dengan istilah extract dan non-awam mengenalnya dengan istilah unzip. Istilah kata unzip konon kabarnya berasal dari program dekompresi Pkzip yang dulu dinamakan Pkunzip.

Saat ini, sudah banyak bahkan puluhan program kompresi file yang masing-masing program mengklaim dirinya bisa mengkompresi lebih cepat dan lebih mampat dari pesaingnya, sehingga persaingan diantara program utiliti zipper modern harus bisa menangani puluhan format kompresi yang ada saat ini. Sebagai contoh program kompresi yaitu 7-ZIP, program freeware 7-ZIP diklaim mampu menangani puluhan format kompresi, itulah sebabnya mengapa program freeware 7-ZIP menjadi sangat populer sehingga mampu menggeser program kompresi Winzip yang shareware. 7-ZIP yang merupakan software yang open source, kebanyakan kode open source-nya bersumber dari GNU LGPL, itulah sebabnya kode open source-nya berlisensi GNU LGPL.

7-ZIP terbaru mampu menangani 25 format kompresi (format kompresi: ARJ, CAB, CHM, CPIO, CramFS, DEB, DMG, FAT, HFS, ISO, LZH, LZMA, MBR, MSI, NSIS, NTFS, RAR, RPM, SquashFS, UDF, VHD, WIM, XAR, Z). Selain itu 7-ZIP juga mempunyai format kompresi buatannya sendiri yang dinamakn 7z dan diklaim bisa lebih mampat dari ZIP atau RAR yang merupakan format kompresi yang sangat populer saat ini. 7-ZIP merupakan program freeware yang kemampuannya dapat melakukan dekompresi atau meng-extract 25 format kompresi (yang telah disebutkan sebelumnya), serta 7 format untuk melakukan kompresi (7z, XZ, BZIP2, GZIP, TAR, ZIP, WIM). Selain itu 7-ZIP memiliki file program yang kecil, terintegrasi dengan Windows shell menu, serta bisa diakses dari command line, juga bisa diproteksi dengan enskripsi Strong AES-256 dalam format 7z dan ZIP. Selain itu 7-ZIP mempunyai kemampuan self-extracting untuk format 7z, artinya 7-ZIP dapat melakukan extract otomatis dalam bila menemukan file dengan format 7z. Varian 7-ZIP tersedia juga untuk OS Mac, serta varian Linux dan 64bit XP/Vista. Kabar gembir untuk pengguna 7-ZIP yang berada di Indonesia, sekarang 7-ZIP mendukung 79 bahasa, salah satunya bahasa Indonesia, mungkin karena tampilannya sudah mendukung dalam Bahasa Indonesia yang membuat 7-ZIP semakin tersohor di jagat Negeri Indonesia.

7-ZIP
Nama : 7-ZIP
Versi : 9.20 (18/11/2010)
Download Size :

1 Mb

Support OS

:

98/ME/NT/2000/2003/2008/XP/Vista/7 untuk Linux/Unix tersedia port baris perintah
Download

:

Windows 32-bit x86 Jenis Format .EXE Klik Disini, dan Windows 64-bit x64 Jenis Format .MSI Klik Disini

0 komentar:

Posting Komentar