20 Januari 2011

WEBSITE

Website atau biasa disebut dengan situs web, sering juga disebut dengan situs, site atau website. Website merupakan halaman tampilan web yang tertera pada address browser yang kita gunakan (mozilla Firefox, Opera, Internet Explore, Google Chrome, Avant, Apple Safari, dll). Halaman-halaman sebuah situs web diakses melalui uniform resource locator. URL (Uniform resource locator) biasanya merupakan nama domain suatu situs atau website. Domain ini biasanya menunjukkan alamat suatu website, selain domain ada juga subdomain seperti pada blog ini, subdomain contoh seperti tenribs.blogspot.com merupakan subdomain top level domain (TLD). Tenribs.blogspot.com merupakan alamat website gratisan yang diperoleh dari domain blogspot.com. Alamat tenribs.blogspot.com inilah yang biasa disebut sebagai subdomain, dan blogspot.com disebut sebagai domain. Top level domain (TLD) yang bukan merupakan subdomain jelas lebih bagus dan lebih profesional ketimbang subdomain. Tapi domain TLD belum ada yang gratisan alias berbayar dan biasanya dibayar per tahun dan setiap tahunnya harus diperbaharui atu di perpanjang masa kontraknya.

Berbeda dengan domain global seperti .com, .net, .org, dsb, domain dengan ekstensi dari Indonesia jarang diminati karena memiliki ekstensi dua kali misalnya .co.id, web.id, dan sebagainya. Selain itu domain lokal Indonesia juga memiliki prosedur yang cukup rumit dalam proses pendaftarannya sehingga peminat domain lokal tak sebanyak peminat domain global. Pada domain global siapapun boleh untuk mendaftarkan domain tersebut tanpa proses berbelit. Untuk menjalankan sebuah domain dibutuhkan sebuah server, karena domain biasanya menunjukkan alamat suatu website atau domain name server (DNS) maka dibutuhkan sebuah server website atau web server.

Web server atau biasa hanya disebut server saja merupakan sebuah perangkat komputer yang dikhususkan untuk menyimpan, menaruh, atau memback up data pada sebuath website. Server biasanya bekerja secara 24 jam secara online, jika server tidak dapat bekerja secara 24 jam online maka data-data yang hendak diakses oleh pengunjung pada sebuah alamat domain mengalami gangguan ketika server tersebut sedang offline. Maka dari itu untuk menjaga akses data dari server ke user domain diperlukan spesifikasi khusus untuk perangkat komputer yang hendak dijadikan server. Spesifikasi perangkat komputer terdiri dari spesifikasi hardware dan software, guna menunjang kecepatan akses server terhadap user domain. Kecepatan akses user domain selain dipengaruh spesifikasi hardware dan software, juga dipengaruhi oleh kecepatan akses internet di tempat server berada atau juga tergantung pada kecepatan internet service provider (ISP) yang digunakan oleh perangkat komputer server untuk online, dan juga terlebih lagi tergantung pada jalur lokasi negara yang bersangkutan.

Indonesia adalah negara yang akses internetnya belum mengembirakan, jauh dari harapan baik dari segi kecepatan maupun harga. Dengan kata lain, selain kecepatan internet di Indonesia masih lambat, harganya pun mahal. untuk memecahkan problem ini, banyak penyedia layanan web hosting akhirnya menggunakan webserver dari Amerika Serikat. Akses broadband di negara Amerika Serikat terbentang lebar dan terjangkau. Webserver di Indonesia selain secara material mahal juga dari sisi aksesibilitas tak sepadan. Layanan web hosting adalah lanyanan penyewaan ruang simpan data (space) yang digunakan untuk menyimpan data-data website agar halaman website tersebut bisa diakses dari mana saja. Layanan web hosting biasanya memberikan fitur e-mail pada admin web yang mencantumkan dibelakang alamat e-emailnya sebuah alamat domain, alamat e-mail yang diberikan oleh layanan web hosting sering disebut sebagai e-mail account dari user layananan web hosting bersangkutan.

0 komentar:

Posting Komentar