23 April 2011

McAfee SiteAdvisor

Ada sebuah ungkapan lama yang mengatakan bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati, mungkin hal ini sebaiknya dilakukan saat anda melakukan kegiatan browsing di dunia maya yang penuh dengan penjahat bertopeng yang menyebarkan malware, ditambah lagi pencuri data lewat kegiatan phising ataupun sejenisnya. Karena sesungguhnya tidak gampang mengobati sistem yang terlanjur sakit, sehingga jauh lebih baik mencegahnya sebelum terkena. Lantas timbul pertanyaan, bagaimana saya tahu kalau situs itu berbahaya?, karena tampilannya sangat memikat dan kelihatan seperti situs baik-baik yang menawarkan aneka program gratis yang menarik. Memang betul bahwa sangat sulit mengenali sebuah situs apakah berbahaya atau tidak karena tampilannya sengaja dibuat sedemikian rupa sehingga tidak menimbulkan rasa curiga sedikit pun. Brand Image yang memukau penonton, serta sopan dan santun yang cantik, tampang yang bersih, dan perilaku etika yang baik ternyata seorang gembong penjahat alias master koruptor..., hahahahaha..., lah koq kesini.

Oke lanjut, untuk mengenali situs lebih dini diperlukan sebuah site advisor dimana fungsinya untuk mendeteksi dan mengenal lebih dini sebuah situs. Salah satu Utiliti bantuan site advisor yang dibuat oleh pembuat antivirus yang ternama dan sudah kondang di dunia antivirus sejak jaman DOS (Singkatan plesetannya "Djadul Operasi Sistem"), jika anda pernah mempergunakan Word Star 7 (WS 7), atau Lotus 1-2-3 pasti anda sudah tahu siapa pembuatnya? Iya benar, yaitu McAfee. SiteAdvisor merupakan add-on untuk Internet Explore atau Firefox. Setelah terpasang, McAfee SiteAdvisor akan menampilkan indikatornya di sudut atas browser. SiteAdvisor akan memonitor situs-situs yang anda kunjungi, dan akan memberi peringatan dengan warna merah jika situs itu berbahaya menurut hasil investigasi SiteAdvisor sebelumnya. Situs dikatakan berbahaya karena, misalnya di situs itu tersedia program gratis yang menarik tetapi menyembunyikan program malware di dalamnya. SiteAdvisor juga punya daftar situs-situs yang melakukan kegiatan phising, misalnya situs palsu dari bank.

Jika melakukan search suatu situs lewat Google, Yahoo, atau bing, maka hasil search tersebut juga dilengkapi dengan tanda bahwa situs tersebut aman atau tidak, untuk dijadikan pertimbangan sebelum mengunjunginya. Tanda merah jika situs itu berbahaya, kuning jika dianggap ada content yang bersifat malware, hijau jika aman, atau abu-abu jika situs itu belum pernah dievaluasi. Untuk amannya jangan melakukan aktivitas download apapun pada situs-situs bertanda merah jika anda tidak yakin betul bahwa sistem proteksi (antivirus, antispyware, dan antimalware) anda tidak dalam keadaan sempurna. Selain itu SiteAdvisor memiliki feature yang disebut Exploit Protection, yang akan secara otomatis mengalihkan anda dari situs-situs yang memanfaatkan kegiatan exploit, yaitu kegiatan yang memanfaatkan celah keamanan yang terdapat pada sebuah sistem komputer anda, yang mungkin belum sempat ditambal atau belum ter-update. Karena sudah barang tentu setiap sistem keamanan masing-masing mempunyai celah.

McAfee SiteAdvisor
Nama : McAfee SiteAdvisor
Versi : -
File Instalasi : 6,6 Mb
Support Browser : Internet Explore dan Firefox
Download
:
Link 1 atau Link 2

0 komentar:

Poskan Komentar