Selamat Datang...!!!
Untuk Mendapatkan Hasil Tampilan Terbaik, Gunakan Mozilla atau Chrome.

      
   
03 Juli 2011

Identifikasi Masalah Printer Canon di Led Indikator

printer-canonBayangkan di saat Anda sedang bekerja dan akan mencetak hasil kerjaan, dan ternyata mesin pencetak (baca: printer) tidak bisa berjalan dengan baik alias ngadat, dan terjadi BLINK. Jika yang terjadi adalah BLINK berarti Anda masuk dalam kategori orang yang masih beruntung karena printer masih bisa di kondisikan dalam posisi service mode. Terus bagaimana jika printer masih saja dalam keadaan nge-BLINKING setiap mau dipakai? padahal semua hasil kerjaan harus diselesaikan hari itu juga!

printer-canon

Itu dia Bos, dari pertanyaan itulah artikel ini hadir untuk memberitahukan apa yang terjadi dengan printernya Bos, atau bahasa kerennya Bos "Identifikasi Masalah Printer Canon di Led Indikator". Kenapa mesti melihat kerusakan printer lewat led indikator, karena led indikator printer dibuat untuk membantu sang user printer tersebut, jadi led indikator di templokin di tempat terbuka agar memudahkan user melihatnya bukan bertujuan untuk gaya-gayaan biar kelihatan lebih meriah seperti lampu disko, bukan itu Bos tujuannya. Led indikator selain memandu user dalam pengoperasian printer, led indikator juga dapat membantu user mengetahui apa yang terjadi dengan printernya ketika tidak bisa di operasikan dengan normal.

printer-canon

Berikut beberapa kode blink pada printer Canon pixma seri IP 1200, IP 1300, IP 1600, IP 1700, IP 1880, dan IP 1980. Kode blink tersebut dapat dilihat pada lampu led indikator berwarna hijau/green (led indikator power) dan berwarna orange (led indikator resume), kode blink yang ditampilkan pada ke dua led indikator tersebut antara lain sebagai berikut :

  1. 7x berkedip led indikator green orange secara bergantian atau 1x berkedip led indikator green, 1x berkedip led indikator orange, kedipan selang-seling green orange terjadi sebanyak tujuh kali secara bergantian. Ingat..!!! yang berkedip led indikator printer bukan mata ente yang berkedip, jadi tolong di pertegas lagi jumlah kedipannya. Jika memang sudah dipastikan jumlah kedipannya adalah 7x maka kejadian yang menimpa printer adalah Waste Ink Pad Full atau Ink Absorber Full. Kejadian Waste Ink Pad Full atau Ink Absorber Full dapat juga dikenali dengan melihat jumlah kedipan led indikator orange sebanyak 4x, kedipan led indikator orange terjadi secara terus menerus sebanyak 4x lalu disambut dengan kedipan led indikator green sebanyak 1x. Nah, kalau sudah begitu bagaimana cara mengatasinya. Caranya reset printer Anda dengan menggunakan software general tool resetter. Bagaimana cara memperoleh software tersebut? silakan tanyakan pada paman google dengan pertanyaan "Download free generaltool resetter canon". Jangan lupa, ijin-ijin kalau mau nyedot punya orang, oke.
  2. 3x berkedip led indikator orange setelah itu diikuti 1x berkedip led indikator green, berarti printer mengalami kerusakan pada mekanik printer. Jika Anda belum pernah membongkar printer, sebaiknya printer Anda dibawa ke tempat servis printer yang resmi.
  3. 5x berkedip led indikator orange setelah itu 1x berkedip led indikator green, berarti cartridge warna atau cartridge hitam rusak. Jika ada mempunyai cadangan cartridge warna dan hitam silakan biar lebih mudahnya ganti cartridge warna atau hitam, selesai. Kerusakan cartridge disebabkan oleh banyak hal, salah satunya yaitu chip IC rusak atau kotornya konektor.
  4. 7x berkedip led indikator Orange setelah itu disambut dengan kedipan 1x led indikator green itu berarti cartridge warna rusak. Blink jenis ini biasanya terjadi pada seri IP 1980. Cara mengatasinya yaitu ganti cartridge warna dan selesai masalahnya.
  5. 8x berkedip led indikator Orange setelah itu 1x berkedip led indikator green kejadian ini disebut Ink Tank Full. Printer anda perlu di reset dengan software general tool resetter.
  6. 14x berkedip atau 15x berkedip led indikator Orange setelah itu 1x berkedip led indikator green, itu berarti cartridge hitam rusak. Cara mengatasinya ganti cartridge, selesai masalahnya.
  7. Jika printer dinyalakan lampu led indikator green nyala penuh tanpa ada tanda blink (kedip-kedip led indikator resume berwarna orange). Kemudian ketika printer dipakai untuk print, eh..., ternyata tanda blink timbul lagi. Nah, di situ masalahnya, itu berarti cartridge anda mengalami "RUN OUT" dan biasanya muncul jendela dialog. Solusinya tekan tombol resume antara 10-20 detik (kalo mau belajar ngitung di sinilah saatnya..,1-20), kemudian lepaskan. Jika masih blink juga, ulangi langkah yang sama yaitu tekan tombol resume antara 10-20 detik tapi sebelumnya non-aktifkan dulu printernya. Jika masih blink juga, berarti yang jadi masalah biasanya dua hal, yaitu kalau tidak cartridge hitam yah cartridge warna. Kasus ini sering terjadi ketika cartridge habis di isi ulang (refill).

1 komentar:

  1. poenya qu 3kali hijau 3 kali orange apaan tu..???

    BalasHapus