Selamat Datang...!!!
Untuk Mendapatkan Hasil Tampilan Terbaik, Gunakan Mozilla atau Chrome.

      
   
01 November 2011

LAPTOP COMPAQ PRESARIO SUSAH STARTUP ATAU GAGAL BOOTING

Ada banyak faktor yang menyebabkan Notebook gagal booting atau gagal startup ke sistem operasi Windows atau LCD tidak menyala. Biasanya, ketika Notebook gagal booting akan menunjukkan gejala-gejala kerusakan yang dapat kita lihat pada led indikator atau muncul suara beep pada Notebook. Ketika Notebook tidak bisa startup atau gagal booting, maka langkah awalnya lakukan hard reset atau kembalikan Notebook ke pengaturan default-nya, cara sebagai berikut :

Cara Hard Reset

  1. Lepaskan semua perangkat pendukung yang terpasang pada Notebook, seperti USB Flash Disk atau semacamnya.
  2. Lepaskan adaptor listrik AC Notebook, lalu lepaskan baterai yang menempel pada Notebook, kemudian tekan dan tahan tombol power selama kurang lebih 15 detik, gunanya untuk menghilangkan tegangan yang masih menempel pada Notebook.
  3. Selanjutnya, pasang kembali adaptor listrik AC (tanpa memasang baterai Notebook), lalu tekan tombol power dan lihat led indicatornya apakah berkedip atau menyala-nyala? Dan apakah hardisk Notebook bekerja (terdengar suara aktivitas hardisk)? Dan apakah kipas bekerja (terdengar kipas jika berkerja)?

Ketika adaptor listrik AC Notebook dipasang (tanpa memasang baterai), kemudian Led Indicator (Power, Hardisk, Numlock, Caplock) tidak menyala, Layar LCD tidak menyala, dan suara kipas dan hardisk tidak terdengar, maka lakukan langkah berikut :

  1. Periksa kembali adaptor Notebook apakah longgar. Jika longgar silakan di pasang yang benar.
  2. Jika langkah pertama sudah di coba, tapi tetap seperti itu. Coba ganti adaptor Notebook dengan adaptor yang lain yang berfungsi. Setelah menganti adaptor ternyata Notebook menyala, maka restart Notebook. Jika itu yang terjadi maka dapat disimpulkan bahwa adaptor Notebook rusak.
  3. Lalu kemudian pasang baterai Notebook dan pasang adapator listrik AC, tekan tombol power Notebook, lalu lihat apakah led indicator baterai menyala, jika menyala coba lepaskan adaptor listrik AC Notebook, jika tiba-tiba daya beterai turun secara draktis, maka ada kemungkin baterai telah rusak.

Jika Led Indicator menyala, dan suara kipas terdengar, tapi layar LCD tidak menyala dan komputer gagal melakukan startup atau gagal booting. Untuk mengecek kerusakannya lakukan langkah berikut :

  1. Periksa apakah built-in LCD rusak atau kartu grafis mengalami masalah, caranya hubungkan Notebook dengan monitor eksternal. Ketika di hubungkan dengan monitor eksternal ternyata tampilnya normal berarti buil-in LCD bagus dan kartu grafis bagus.
  2. Langkah selanjutnya shut down notebook, lalu lakukan hard reset (silakan lihat langkah-langkah melalukan hard reset). Jika sebelumnya perangkat keras Notebook ada yang diganti seperti Hardisk atau memori, maka install driver perangkat keras tersebut dengan menggunakan monitor eksternal.
  3. Jika tidak pernah menganti perangkat keras Notebook, silakan cabut adaptor listrik AC Notebook, lalu lepaskan memori dari slotnya dan bersihkan lempengan sirkuit jalur memori dengan penghapus pensil yang terbuat dari karet dengan menggosok satu arah jangan bolak-balik. Guna menghilangkan listrik statis yang menempel pada memori. Lalu pasang kembali dan tekan tombol power lalu tekan F10 untuk masuk ke BIOS, dan jalankan Memory Test and Hard Drive Test.
  4. Atau tekan F8 untuk masuk ke Windows Advanced Boot Option, dan pilih Repair Computer, atau pilih Safe Mode dan pilih Memory Diagnotics.
  5. Jika langkah demi langkah telah dilakukan tetapi hanya bisa menampilkan startup dan LCD menyala, maka gunakan Recovery Disk untuk mengembalikan Notebook pada pengaturan default. Penggunaan Recovery Disk dapat menghilangkan semua data yang terdapat pada hardisk Notebook.

Sumber : HP Customer Care

17 komentar:

  1. wah justru aku yg harus lebih byk belajar sama sampeyan,salam kenal semoga nanti lebih bisa bertukar informasi.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku juga masih belajar Mas, salam kenal juga Mas, semoga bisa saling bertukar informasi..., thanks..!!!

      Hapus
  2. aku paling suka dengan yg berbau komputer !!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga menjadi pakar komputer.., karena modal awalnya sudah ada yaitu hobi dengan lingkungan komputer.., semoga menjadi pakar IT...!!! thanks berat sudah mau jadi sobat di blog ini..!!!

      Hapus
  3. saya juga gabung masss......
    bkin tutorial yang lbh bagus lagi....
    biar saya ketularan bisanya
    :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gabung Aja Gan..,


      thanks Mas Bro atas kunjungannya

      Hapus
  4. wah mantap bos makasih banyak nih artikel mantap dach ..... alhamdulilah dah bantu aku........

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berarti sama Gan, ane juga pengguna Compaq, lebih tepatnya Compaq Presario CQ-41.



      terimaksih atas kunjungannya..!!!

      Hapus
  5. salam kenal.....

    Saya punya laptop Compaq Presario CQ43, pada saat booting selalu muncul " START - UP Test ", gimana cara menghilangkannya ... terima kasih....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam Blogwalking..!!!

      "START-UP TEST" dapat di non-aktifkan di pengaturan BIOS laptop Sobat, silakan baca manual book-nya untuk panduan lebih jelasnya.


      yang perlu di perhatikan jika hendak melakukan servis laptop, apakah garansi servicesnya masih berlaku atau tidak? jika masih berlaku silakan services ke layanan purna jual HP/Compaq resmi.

      terimakasih atas kunjunganya..!!!

      Hapus
  6. Mas apa bisa cara yang di atas buat laptop merk lain? laptop saya kebetulan sering kali gagal booting, saya coba install ulang bisa, tapi kemudian beberapa hari gagal booting lagi, padahal harddisk sudah saya format semua, apa kemungkinan ada yang rusak pada hardware saya ya?

    BalasHapus
  7. mas, laptop sy compaq 515. sebelumnya normal-normal sj.. kmarin waktu sy nyalakan bootingnya lama skali, sekitar 15 menit baru masuk ke windows.. (wktu booting layar lptop mati, lampu power menyala, kipas juga nyala, lampu caps lock kedap kedip sekitar 3 kali..)sudah sy coba dengan menonaktifkn berbgai aplikasi start upx spy ringan wktu booting, cm msh ttp bgtu..
    mohon saranya mas,,

    BalasHapus
  8. permisi mas numpang gabung saya ada laptop compaq presario v37oo dihidupkan lampu indikator hidup tpi lcd ga hidup sekalinya hidup baru beberapa saat langsung garis garis di lcd kira2 masalahnya apa ya mas, makasih

    BalasHapus
  9. BAGAIMANA CARA SETTINGAN BIOS DI LAPTOP COMPAQ PRESARIO CQ43 ????
    menu utama yg harus ditkan pa ???
    udh saya coba tekan F1 n sterus'a, gk trbuka juga setingan bios'a.
    tolong bantuan'a ya ......

    BalasHapus
  10. Mas salam kenal, klo boleh mau nanya nih, klo utk presario V3700 udh masuk bios dan mlakukan hardisk test hasilnya "1-07 fail" apakah brarti bad sector ya? Laptopnya jd restart terus, mskipun pilih safe mode atau "last known good configuration" ttp gk mau maasuk windowsnya

    BalasHapus
  11. Ini aku punya laptop compaq CQ41.masalahnya layarnya gak bisa hidup,terus lampu capslocknya kedip-kedip terus.mohon solusinya gan

    BalasHapus
  12. Terima kasih untuk sarannya. CQ41 saya kembali nyala setelah melakukan langkah no 1, menahan melepas semua sumber power dan menahan tombol power selama 15 detik.

    BalasHapus