Download

Info Kuis dan Kontes SEO

Info Teknologi

Info Software

Info Bisnis

Info Bola

Info Lifestyle

Info Penipuan

Info Karier

Info Otobiker

Info CSS

Info HTML

Info Teknisi

Info SPSS

Info Powerpoint

Non-Kategori

LAPTOP COMPAQ PRESARIO SUSAH STARTUP ATAU GAGAL BOOTING

Ada banyak faktor yang menyebabkan Notebook gagal booting atau gagal startup ke sistem operasi Windows atau LCD tidak menyala. Biasanya, ketika Notebook gagal booting akan menunjukkan gejala-gejala kerusakan yang dapat kita lihat pada led indikator atau muncul suara beep pada Notebook. Ketika Notebook tidak bisa startup atau gagal booting, maka langkah awalnya lakukan hard reset atau kembalikan Notebook ke pengaturan default-nya, cara sebagai berikut :

Cara Hard Reset

  1. Lepaskan semua perangkat pendukung yang terpasang pada Notebook, seperti USB Flash Disk atau semacamnya.
  2. Lepaskan adaptor listrik AC Notebook, lalu lepaskan baterai yang menempel pada Notebook, kemudian tekan dan tahan tombol power selama kurang lebih 15 detik, gunanya untuk menghilangkan tegangan yang masih menempel pada Notebook.
  3. Selanjutnya, pasang kembali adaptor listrik AC (tanpa memasang baterai Notebook), lalu tekan tombol power dan lihat led indicatornya apakah berkedip atau menyala-nyala? Dan apakah hardisk Notebook bekerja (terdengar suara aktivitas hardisk)? Dan apakah kipas bekerja (terdengar kipas jika berkerja)?

Ketika adaptor listrik AC Notebook dipasang (tanpa memasang baterai), kemudian Led Indicator (Power, Hardisk, Numlock, Caplock) tidak menyala, Layar LCD tidak menyala, dan suara kipas dan hardisk tidak terdengar, maka lakukan langkah berikut :

  1. Periksa kembali adaptor Notebook apakah longgar. Jika longgar silakan di pasang yang benar.
  2. Jika langkah pertama sudah di coba, tapi tetap seperti itu. Coba ganti adaptor Notebook dengan adaptor yang lain yang berfungsi. Setelah menganti adaptor ternyata Notebook menyala, maka restart Notebook. Jika itu yang terjadi maka dapat disimpulkan bahwa adaptor Notebook rusak.
  3. Lalu kemudian pasang baterai Notebook dan pasang adapator listrik AC, tekan tombol power Notebook, lalu lihat apakah led indicator baterai menyala, jika menyala coba lepaskan adaptor listrik AC Notebook, jika tiba-tiba daya beterai turun secara draktis, maka ada kemungkin baterai telah rusak.

Jika Led Indicator menyala, dan suara kipas terdengar, tapi layar LCD tidak menyala dan komputer gagal melakukan startup atau gagal booting. Untuk mengecek kerusakannya lakukan langkah berikut :

  1. Periksa apakah built-in LCD rusak atau kartu grafis mengalami masalah, caranya hubungkan Notebook dengan monitor eksternal. Ketika di hubungkan dengan monitor eksternal ternyata tampilnya normal berarti buil-in LCD bagus dan kartu grafis bagus.
  2. Langkah selanjutnya shut down notebook, lalu lakukan hard reset (silakan lihat langkah-langkah melalukan hard reset). Jika sebelumnya perangkat keras Notebook ada yang diganti seperti Hardisk atau memori, maka install driver perangkat keras tersebut dengan menggunakan monitor eksternal.
  3. Jika tidak pernah menganti perangkat keras Notebook, silakan cabut adaptor listrik AC Notebook, lalu lepaskan memori dari slotnya dan bersihkan lempengan sirkuit jalur memori dengan penghapus pensil yang terbuat dari karet dengan menggosok satu arah jangan bolak-balik. Guna menghilangkan listrik statis yang menempel pada memori. Lalu pasang kembali dan tekan tombol power lalu tekan F10 untuk masuk ke BIOS, dan jalankan Memory Test and Hard Drive Test.
  4. Atau tekan F8 untuk masuk ke Windows Advanced Boot Option, dan pilih Repair Computer, atau pilih Safe Mode dan pilih Memory Diagnotics.
  5. Jika langkah demi langkah telah dilakukan tetapi hanya bisa menampilkan startup dan LCD menyala, maka gunakan Recovery Disk untuk mengembalikan Notebook pada pengaturan default. Penggunaan Recovery Disk dapat menghilangkan semua data yang terdapat pada hardisk Notebook.

Sumber : HP Customer Care

Artikel Terkait
Teknisi
Arsip Blog
Game

51 komentar:

  1. wah justru aku yg harus lebih byk belajar sama sampeyan,salam kenal semoga nanti lebih bisa bertukar informasi.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku juga masih belajar Mas, salam kenal juga Mas, semoga bisa saling bertukar informasi..., thanks..!!!

      Hapus
  2. aku paling suka dengan yg berbau komputer !!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga menjadi pakar komputer.., karena modal awalnya sudah ada yaitu hobi dengan lingkungan komputer.., semoga menjadi pakar IT...!!! thanks berat sudah mau jadi sobat di blog ini..!!!

      Hapus
  3. saya juga gabung masss......
    bkin tutorial yang lbh bagus lagi....
    biar saya ketularan bisanya
    :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gabung Aja Gan..,


      thanks Mas Bro atas kunjungannya

      Hapus
  4. wah mantap bos makasih banyak nih artikel mantap dach ..... alhamdulilah dah bantu aku........

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berarti sama Gan, ane juga pengguna Compaq, lebih tepatnya Compaq Presario CQ-41.



      terimaksih atas kunjungannya..!!!

      Hapus
    2. maaf mas mau nanya kalo compak di cas tapi tidak mau menyala lampu nya.gimana yah setiap di nyalakan hidup belum sempat nyala tiba tiba mati mas.

      Hapus
  5. salam kenal.....

    Saya punya laptop Compaq Presario CQ43, pada saat booting selalu muncul " START - UP Test ", gimana cara menghilangkannya ... terima kasih....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam Blogwalking..!!!

      "START-UP TEST" dapat di non-aktifkan di pengaturan BIOS laptop Sobat, silakan baca manual book-nya untuk panduan lebih jelasnya.


      yang perlu di perhatikan jika hendak melakukan servis laptop, apakah garansi servicesnya masih berlaku atau tidak? jika masih berlaku silakan services ke layanan purna jual HP/Compaq resmi.

      terimakasih atas kunjunganya..!!!

      Hapus
  6. Mas apa bisa cara yang di atas buat laptop merk lain? laptop saya kebetulan sering kali gagal booting, saya coba install ulang bisa, tapi kemudian beberapa hari gagal booting lagi, padahal harddisk sudah saya format semua, apa kemungkinan ada yang rusak pada hardware saya ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebagian tips diatas bisa untuk laptop secara umum, tapi sebagian lagi hanya bisa untuk compaq presario cq40. misalnya cara hard reset tidak semua laptop sama.

      gagal booting bisa di sebabkan beberapa faktor, bisa kelebihan panas, bisa kipas pendingin tidak berjalan secara normal, bisa juga disebabkan karena hdd laptop atau hal lain.

      Hapus
  7. mas, laptop sy compaq 515. sebelumnya normal-normal sj.. kmarin waktu sy nyalakan bootingnya lama skali, sekitar 15 menit baru masuk ke windows.. (wktu booting layar lptop mati, lampu power menyala, kipas juga nyala, lampu caps lock kedap kedip sekitar 3 kali..)sudah sy coba dengan menonaktifkn berbgai aplikasi start upx spy ringan wktu booting, cm msh ttp bgtu..
    mohon saranya mas,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemungking besar respon dari lcd ke vga (onbord/tidak) terjadi gangguan. bisa gangguan VGA bisa juga gangguan LCD.

      jika Anda memakai komputer Anda segera silakan disamping laptop Anda terdapat koneksi vga external, silakan colokkan vga external dengan monitor lain agar komputer Anda didapat digunakan untuk sementara. setelah itu servis komputer

      Hapus
  8. permisi mas numpang gabung saya ada laptop compaq presario v37oo dihidupkan lampu indikator hidup tpi lcd ga hidup sekalinya hidup baru beberapa saat langsung garis garis di lcd kira2 masalahnya apa ya mas, makasih

    BalasHapus
  9. BAGAIMANA CARA SETTINGAN BIOS DI LAPTOP COMPAQ PRESARIO CQ43 ????
    menu utama yg harus ditkan pa ???
    udh saya coba tekan F1 n sterus'a, gk trbuka juga setingan bios'a.
    tolong bantuan'a ya ......

    BalasHapus
    Balasan
    1. ketika laptop pertama kali di hidupkan ada petunjuk teknis menu, tapi hanya sebentar jadi liat dan perhatikan secara seksama karena waktu penampakannya hanya sebentar

      Hapus
  10. Mas salam kenal, klo boleh mau nanya nih, klo utk presario V3700 udh masuk bios dan mlakukan hardisk test hasilnya "1-07 fail" apakah brarti bad sector ya? Laptopnya jd restart terus, mskipun pilih safe mode atau "last known good configuration" ttp gk mau maasuk windowsnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk memastikan hal ini jika Anda mempunyai hdd laptop cadangan, silakan hdd laptop Anda ganti dulu dengan hdd cadangan

      Hapus
  11. Ini aku punya laptop compaq CQ41.masalahnya layarnya gak bisa hidup,terus lampu capslocknya kedip-kedip terus.mohon solusinya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemungking besar respon dari lcd ke vga (onbord/tidak) terjadi gangguan. bisa gangguan VGA bisa juga gangguan LCD.

      Hapus
  12. Terima kasih untuk sarannya. CQ41 saya kembali nyala setelah melakukan langkah no 1, menahan melepas semua sumber power dan menahan tombol power selama 15 detik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih sudah berkunjung dan berkomentar

      Hapus
  13. Ane jual batre laptop compaq CQ41 masih mulus no cacat.
    Ane jual 300rb nett , minat sms 089624157571 cod cikarang

    BalasHapus
  14. Min
    Laptop ane presario CQ 42
    wktu dihidulin layar mati (black screen)
    Aku coba hubungin kemonitor masih juga black screen
    Ane coba bersihin ram pake atip sama saja
    Kira2 ap ya min penyebabe
    Thanks,suwun

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada masalah pada buil-in LCD atau ada maslaah pada vga, silakan bawa ke services center jika masih bergaransi

      Hapus
  15. Mas mau tanya .. Punya saya memang batreinya udah rusak .. Tapi saat adaptor di colokkan pada laptop lampu cas hidup, saat di pecet tombol.powernya lampu power hidup sebentar lalu mati lagi, saya lakukan berkali kali juga laptop tidak mau nyala, kira kira apanya yang rusak ya mas? Mohon petunjuknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba sumber listrik langsung ambil dari adaptor, maksudnya lepas baterai dan lihat apakah masih dapat beroperasi lama atau tidak

      Hapus
  16. Gan kalo notebook compag v3500 bacaan biru pas masuk itu kenapa an?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo bluescreen banyak faktornya, bisa berasal dari virus, hdd bad, atau mobo sudah kurang bagus

      Hapus
  17. gan aq du rumah ada presarioCQ43...ko klw di nyalahin f11 trus ya...bisa booting ke hardisk hrus tekan F1...gmana sih caranya supaya ngk booting ke F11 trus....please....tq

    BalasHapus
    Balasan
    1. tampilan pada saat booting sebelum keluar perintah F11 apa Gan???

      Hapus
  18. gan laptop saya cq40 blank hitam ,gk bisa diapa-apain cuma muncul pesan "press the ESC key for Startup Menu" setelah d tekan gk berfungsi malah bunyi laptopnya. mohon solusinya. makasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba baca solusi Mas Irfan Mannang, jika sudah coba di install ulang

      Hapus
  19. laptop compaq presario cq43... tekan timbol power layarnya blank warna putih kedap kedip.. setelah 5menit Windowsnya normal seperti biasa.... jika masok boot hasilnya sama tp tisak bisa beroperasi pada boot.
    jika nonton film... klo full screen layarnya kembali blank. tp klo nonton film layarnya kecil normal seperti biasa.... maaf minta solusinya gan....

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba periksa driver vga-nya sudah di install belum? karena dari permasalahan Mas Djibrael itu kebanyakan yang bermasalah VGA baik onboard mau Slot

      Hapus
  20. pak saya ada laptop compaq presario cq 40 sering gagal booting terpaksanya karena nggak sbaran aku lepas saja batrenya karena gak sbar ini bagai mana solusi terbaiknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. pada saat di lepas batre bagaimana? bisa masuk windows ga?

      Hapus
  21. mas tenribs aku mau nanya kan laptop compaq cq41 ku pas aku nyalain muncul logo terus mati, itu kenapa ya mas? mohon dibantu mas, makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Irfan, yang muncul logo compaq atau logo windows?

      jika logo compaq penyebabnya bisa kipas yang sudah tidak bekerja normal, atau kipas sudah berdebu (coba di bersihkan), jika sudah dibersihkan coba periksa ram (memori), lepaskan memori dan gosok bagian bawahnya dengan penghapus pengsil satu arah.

      Kalau logo windows terus restart lagi, coba lakukan hal yang sama dengan diatas, jika sudah coba ganti hdd laptopnya.

      Hapus
  22. Mas aku mau nanya aku punya laptop compaq cq42 yg tiba" mati sediri itu kenapa ya dan cara mengatasinya gimana.ketika saya hidupin muncul yg di bawah

    Windows Error Recovery

    text :

    Windows did not shut down succesfully. If this was due to the system not responding, or if the system was shut down to protect data, you might beable to recover by choosing one of the safe mode configuration from the menu below:

    ( Use the arrow keys to highlight your choice. )

    Safe Mode
    Safe Mode with Netwaorking
    Safe Mode with Command Prompt

    Start Windows Normally

    Description : start windows with its regular setting.

    dari text di atas, cuma ada 4 pilihan...

    Safe Mode
    Safe Mode with Netwaorking
    Safe Mode with Command Prompt

    Start Windows Normally

    jadi yang mana yang harus di pilih, dan bagaimana cara mengatasi nya ?
    Dan kalau mau servis habis berapa ya... Sekian trimakasi sam...

    BalasHapus
    Balasan
    1. solusinya coba lihat di sini
      http://www.digital-computer.com/2017/11/tanya-jawab-8-masalah-seputar-laptop.html

      Hapus
  23. Mas aku mau nanya aku punya laptop compaq cq42 yg tiba" mati sediri itu kenapa ya dan cara mengatasinya gimana.ketika saya hidupin muncul yg di bawah

    Windows Error Recovery

    text :

    Windows did not shut down succesfully. If this was due to the system not responding, or if the system was shut down to protect data, you might beable to recover by choosing one of the safe mode configuration from the menu below:

    ( Use the arrow keys to highlight your choice. )

    Safe Mode
    Safe Mode with Netwaorking
    Safe Mode with Command Prompt

    Start Windows Normally

    Description : start windows with its regular setting.

    dari text di atas, cuma ada 4 pilihan...

    Safe Mode
    Safe Mode with Netwaorking
    Safe Mode with Command Prompt

    Start Windows Normally

    jadi yang mana yang harus di pilih, dan bagaimana cara mengatasi nya ?
    Dan kalau mau servis habis berapa ya... Sekian trimakasi sam...

    BalasHapus
  24. maaf Mas Tenribs, saya mau nanya. laptop saya Compaq Presario B1200, klo dicolokin dengan adapternya langsung booting sendiri tanpa mencet tombol start, dan lampu indikator nyala, kipasnya juga nyala tapi layarnya blank hitam.begitupun klo batrenya di pasang langsung booting seperti diatas.
    Mohon solusinya Mas,, terima kasih sebelumnya Mas Tenribs. :)

    BalasHapus
  25. mau gabung gan.
    kebetulan ane juga punya laptop compaq v1000 (kalo gak salah gan)
    pertama booting begtu masuk windows tiba tiba mati gan..
    ane coba masukin lagi adaptornya cuma terdengar suara kipas nyala trus berinti nyala lagi berinti lagi gan..
    sama lampu indikator juga ga nyala gan.
    mohon pencerahannya gan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. kondisi di windows tiba2 mati, kemungkinan besar penyebabnya putaran kipasnya terlalu lemah, coba bersihkan bagian belakang laptop, dengan cara di bongkar, bersihkan lubang2 angin, cek kipas berputar normal apa tidak, coba cek disini :

      http://www.digital-computer.com/2016/06/compaq-presario-cq40-gagal-booting.html

      atau di sini

      http://www.digital-computer.com/2017/11/tanya-jawab-8-masalah-seputar-laptop.html

      Hapus