02 Desember 2011

Avanza Terbaru

Toyota Astra Motor (TAM) baru saja merilis generasi MPV terbarunya yaitu All New Avanza. Pihak TAM sendiri mengatakan bahwa ada dua alasan yang membuat All New Avanza layak menjadi calon mobil terpopuler di pasar otomotif Tanah Air.

Pertama, desain eksterior dan interior yang berubah total. Mobil berkapasitas tujuh penumpang ini menjadi semakin mewah dan nyaman dibanding generasi sebelumnya. Alasan yang kedua adalah semakin iritnya konsumsi bahan bakar dari All New Avanza. Memang, secara keseluruhan bagian mesin masih mengandalkan empat silinder dengan dilengkapi 16 V dan Double OverHead Cilinder (DOHC) VVT-i dengan kapasitas silinder 1.300 cc dan 1500 cc.

Namun, Toyota sengaja mengurangi torsi-nya sekitar 1 kg-m. Dengan tujuan agar lebih irit. Meskipun torsi berkurang, tarikan All New Avanza tetap baik. Karena adanya pengurangan bobot hingga 30 kilogram. Efisiensi BBM All New Avanza pada versi 1.5 liter dari 11,2 menjadi 12 km/liter, sedangkan versi 1.3 liter yang sebelumnya 11,6 menjadi 12,6 km/liter.

Sedangkan akselerasi (0-100 km/jam) All New Avanza pada tipe mesin 1.5 liter dari 12,1 detik menjadi 11,9 detik. Adapun untuk 1.3 liter dari 12,5 detik menjadi 11,9 detik.

Selain itu, TAM melakukan penyempurnaan pada suspensi dan penggunaan Electronic Power Steering (EPS). Hal itu dilakukan untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar dan menambah akselerasi.

All New Avanza memiliki beberapa tipe dan model, untuk tipe dan model tersedia All New Avanza G serta E. selain itu tersedia juga tipe dan model All New Avanza Veloz. Wajah All New Avanza G, E memang berbeda dari All New Avanza Veloz. Perbedaan bisa terlihat dari warna dashboard. All New Avanza Veloz otomatis mengadopsi satu warna abu-abu, sedangkan All New Avanza G dan E terhias dua warna hitam dan krem. Beralih ke sistem audio, jika Veloz tersemat 2 DIN audio sistem yang tersambung dengan 6 speker, All New Avanza 1.3 G dan 1.3 E hanya 1 DIN yang terintegrasi 4 speker.

Selain itu, All New Avanza G 1.3 M/T tidak tersedia pengatur volume suara yang tersemat di kemudi stir. Berbeda dengan versi Veloz yang sudah dilengkapi fitur tersebut, sehingga Avanza Veloz lebih memuaskan penggunanya. Perbedaan lain terletak pada meter with digital trip meter. Jika Avanza Veloz tersedia informasi konsumsi BBM, sedangkan All New Avanza G 1.3 M/T tidak tersedia fitur tersebut. Namun, generasi terbaru Avanza (All New Avanza) sudah dilengkapi dengan tilt steering, sensor parking, dan electric power steering (EPS) seperti Veloz. Desain speedometer juga dibuat lebih mewah dengan kombinasi warna merah. Untuk menstabilkan kondisi pada saat menemui jalan yang bergelombang dan berliku, pada All New Avanza telah dipasang Macpherson strut sebagai suspensi depan dan suspensi belakang dengan 4 link lateral. Sedangkan mesin 1.300 cc dikawinkan dengan transmisi 5 kecepatan yang bisa menghasilkan 92 Ps pada putaran 6.000 RPM dan tenaga torsi sebesar 11,9 kgm pada 4.400 RPM.

4 komentar:

  1. Penampilan blognya unik ! awal mula agak bingung juga untuk berkunjung. Dari dulu ingin membeli mobil tapi belum kesampaian.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Suatu saat nanti bakalan kebeli Gan..!!!




      thanks Mas Bro atas kunjungannya..!!!

      Hapus
  2. Spt ny tunas msh melekat di ht kmu bro, sdh kah tak ada ruang utk label lain, hehehe? Pras

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pak Pras tampilannya anonim aja nie..!!!


      thanks Gan dah kemari

      Hapus