06 April 2012

An NTLDR or NTDETECT.COM Not Found or Missing Press Any key to restart

An NTLDR or NTDETECT.COM Not Found or Missing Press Any key to restart

Pernah menemukan pesan error tersebut??? Jika Sobat netter selalu menemukan permasalahan tersebut, berarti bisa diduga bahwa Sobat netter selalu berkencan dengan sebuah perangkat komputer rusak. atau jika jarang menemukan pesan error tersebut, berarti Sobat netter merupakan pengguna komputer sejati, yang mana kesehariannya kontak dengan komputer.

Terlepas dari kata berkencan dan kesejatian, bagi Sobat Netter yang masih awam dengan perangkat komputer seperti saya. Ada beberapa solusi untuk menyelesaikan permasalahan pesan error tersebut sebelum akhirnya penyelesaian masalah diserahkan kepada teknisi yang sudah berpengalaman dan profesional, karena seperti biasa solusi ini "dari seorang pemula untuk pemula".

History dan TKP Pesan Error

Pesan error terjadi ketika proses booting Windows XP sedang berlangsung, dan pesan error menyarankan agar Anda segera menekan sembarang tombol untuk melakukan restart komputer.

Munculnya masalah ini biasanya disebabkan karena adanya CD program yang memiliki system booting atau autorun yang masih tertinggal di CD-ROM drive sebelum Sobat netter melakukan booting. Apabila faktor pertama bukan penyebabnya, berarti bisa diduga bahwa faktor selain yang telah disebutkan sebelumnya adalah terhapusnya file NTLDR atau NTDETECT.COM dari hard disk Sobat Netter.

Solusi Dari Seorang Pemula Untuk Pemula

  1. Kosongkan drive CD-ROM, lalu restart ulang komputer Sobat, jika permasalahannya adalah kasus pertama, yaitu adanya CD Program yang tertinggal di drive CD-ROM.
  2. Setelah restart ternyata pesan error masih muncul, langkah selanjutnya restart komputer Sobat dengan menekan sembarang tombol, lalu pada saat booting DOS tekan tombol Del atau F1 atau F8 atau F9 atau F10 untuk masuk ke menu BIOS. Untuk setiap komputer berbeda-beda tombol yang ditekan untuk masuk ke menu BIOS tergantung jenis BIOS dari Motherboard.
  3. Lalu Sobat Netter masuk ke pengaturan booting dan ubah urutan boot sequence komputer Sobat dengan urutan pertama kali dibaca melalui drive CD-ROM, sebelum melakukan perubahan siapkan terlebih dahulu CD installer Windows yang Sobat Netter pakai, harap sesuaikan dengan service park dari Windows XP yang Sobat Netter pergunakan. Masih dalam posisi tampilan layar monitor Menu BIOS, masukkan CD installer Windows ke drive CD-ROM, lalu tekan F10 atau pada menu BIOS pilih Save and Exit untuk menyimpan perubahan yang telah Sobat Netter lakukan.
  4. Cara nomor tiga dapat dilakukan dengan singkat yaitu ketika komputer Sobat memunculkan pesan error, sebelum menekan sembarang tombol masukkan dulu CD installer Windows ke drive CD-ROM, lalu tekan sembarang tombol untuk restart komputer, pada saat booting DOS tekan tombol F8 (cara ini dapat dilakukan untuk motherboard yang mendukung menampilkan pilihan menu booting).
  5. Langkah selanjutnya biarkan komputer booting dengan CD-ROM, ketika ada petunjuk agar Sobat menekan sembarang tombol untuk memulai configurasi via CD-ROM, maka silakan menekan sembarang tombol dan biarkan komputer melakukan configurasi dengan latar belakang berwarna biru. Tunggu sampai muncul tulisan "Welcome to Setup"
  6. pada saat dilayar monitor Sobat muncul "Welcome to Setup", tekan tombol R pada keyboard Sobat untuk menjalankan feature Recovery Console
  7. Pada feature Recovery Console, Sobat akan diminta memasukkan password Administrator jika Sobat memasang password Administrator, jika tidak memasang Password Administrator maka tekan tombol Enter.
  8. Selanjutnya ketikkan copy E:i386NTLDR C: lalu tekan enter. E: merupakan lokasi drive CD-ROM Sobat, jika tidak sesuai silakan diubah dan disesuaikan dengan keadaan komputer Sobat.
  9. Setelah menekan Enter, tunggu proses Recovery berlangsung, setelah itu restart komputer Sobat, atau dengan memasukkan perintah Exit pada feature Recovery Console.
  10. Setelah itu seharusnya pesan error-nya sudah tidak muncul lagi, tapi jika masih muncul, solusi terakhir silakan komputer Sobat Netter dibawah ke teknisi profesional., terimakasih..!!!

1 komentar: