21 Mei 2011

Bisnis Online Indonesia di Multiply

JAKARTA, KOMPAS.com— Layanan yang awalnya dirancang untuk berbagi foto, video, musik, dan blog di internet, Multiply dalam perkembangannya banyak digunakan pengguna untuk berjualan barang. Makanya, tak salah kalau layanan yang bermarkas di Amerika Serikat itu mulai 2011 fokus menyediakan platformnya untuk kegiatan jual beli di internet.

"Hari ini Multiply commerce resmi sudah live di seluruh dunia. Indonesia memimpin dengan 35.000 lebih toko online di Multiply" tulis Daniel Tumiwa, Country Manager Multiply Indonesia, di akun Twitter miliknya, Selasa (10/5/2011).

Layanan ini dinikmati toko-toko online yang sudah menggunakan platform keluaran terbaru yaitu Multiply 5.0. Tidak hanya menampilkan barang yang dijual, dengan platform ini, setiap pengguna dapat melayani Versi terbaru dari Multiply 5.0. yaitu, kemudahan transaksi pemesanan, pembayaran, dan pengiriman barang kepada pembelinya dilakukan langsung di situsnya. User Multiply juga dapat mengecek inventori barang secara langsung.

Bahkan, mulai kini sudah ada marketplace atau semacam mal virtual untuk men-display semua barang dagangan di Multiply agar mudah dicari pengunjung. Pengunjung dapat mencari barang-barang yang ditawarkan berdasarkan kategori barang.

Memang belum semua pengguna Multiply telah bermigrasi ke platform terbaru untuk menikmati fitur e-commerce tersebut. Menurut Multiply blog Indonesia, setelah bermigrasi, pengguna tetap menikmati fitur-fitur yang mendukung jual beli online.

Pertama, di halaman Multiply sang penjual akan muncul stock room alias gudang. Di ruang kendali yang disebut stock room itu, penjual dapat memonitor inventarisasi barang, seperti berapa barang yang terjual, belum terjual, barang mana yang paling laku dan perlu dipromosikan, berapa pesanan yang sudah dibayar, siapa saja yang memesan, dan berapa jumlah pengunjung selama seminggu. Ada tabel yang menunjukkan kenaikan ataupun penurunan pengunjung, pengaturan pengiriman kepada sang pembeli, dan masih banyak lagi. Berhubung semua informasi tersebut ditabulasi dalam satu ruang kendali, penjual akan dengan mudah mengawasi semua kegiatan yang berlangsung.

Kedua, untuk mendukung kegiatan berbelanja di marketplace, Multiply juga melengkapi perangkat payment gateway, yang artinya, semua pembayaran dapat dilakukan via Multiply. Metode pembayaran yang diterima adalah Klik BCA, internet banking (BCA dan Mandiri), setoran tunai (BCA dan Mandiri), transfer bank, PayPal, dan kartu kredit. Hanya dengan satu klik, pembeli dapat melakukan pembayaran saat itu juga. Multiply selanjutnya yang akan mendistribusikan hasil penjualan kepada penjual.

Selain itu, marketplace juga dilengkapi keranjang belanjaan alias shopping cart. Artinya, pembeli dapat berbelanja sebanyak mungkin dalam toko mana pun yang produknya telah di-listing di marketplace sekaligus serta pembayaran pun dapat dilakukan sekaligus. Multiply juga memperkenalkan Promote, di mana Multiply menyediakan perangkat bagi penjual untuk berpromosi pada target yang diinginkan. Lebih mudah, kan?

Sumber : id.berita.yahoo.com

0 komentar:

Poskan Komentar