01 Juni 2012

Kilas Balik Euro 2012 - Gol Tercepat

logo euro 2012

TRIBUNNEWS.COM – JAKARTA. Gelaran pesta sepakbola benua biru, Euro 2012, sudah di depan mata. Miliaran mata dipastikan akan menyorot ke arah bola bergulir di ajang terbesar kedua setelah Piala Dunia itu. Ekspresi bahagia praktis tersirat ketika tim yang didukung dapat mencetak gol.

Gol memang memiliki banyak makna. Sebuah gol memiliki makna kemenangan, kekalahan, serta bagaimana proses terjadinya gol tersebut.

Menjelang Euro 2012 yang akan digelar di Polandia-Ukraina, berikut disajikan parade gol-gol tercepat sepanjang sejarah ajang empat tahunan ini, seperti dikutip dari situs resmi UEFA.

1 menit 07 detik – Dmitri Kirichenko (Rusia 2 – 1 Yunani, 20/6/2004)

Tidak dimainkan di dua partai perdana fase grup membuat striker Rusia ini cemas. Beruntung pelatih Rusia kala itu, Georgi Yatsev, menurunkan Kirichenko ketika menghadapi Yunani pada pertandingan terakhir fase grup. Tanpa diduga, 67 detik setelah kick-off, tendangan kaki kanan Kirichencko menembus gawang Yunani yang dikawal oleh Nikopolidis Antonios.

2 menit 07 detik – Sergei Aleinikov (Inggris 1 – 3 Uni Soviet, 18/6/1988)

Uni Soviet membutuhkan kemenangan demi menjamin tempat di semifinal. Harapan ke semifinal terbuka melalui Sergei Aleinikov. Golnya pada detik ke 127 membuka jalan Uni Soviet ke semfinal meskipun sempat disamakan oleh Tony Adams.

2 menit 14 detik – Alan Shearer (Inggris 1 – 1 Jerman (5-6 adu penalti), 26/6/1996)

Sebagai tuan rumah, Inggris tentu mengincar tiket ke final. Asa Inggris sempat terbuka ketika Alan Shearer berhasil menceploskan bola ke gawang Jerman ketika pertandingan baru berjalan 2 menit 14 detik. Jerman kemudian berhasil menyamakan kedudukan melalui Stefan Kuntz pada menit ke-16. Inggris kemudian kalah oleh Jerman melalui adu penalti.

2 menit 25 detik – Michael Owen (Inggris 2 – 2 Portugal, (5-6 adu penalti), 24/6/2006)

Inggris kembali menyumbangkan pemainnya sebagai pencetak gol tercepat ketika Michael Owen berhasil memafaatkan kesalahan koordinasi antara Jorge Andrande dan Costinha menjadi sebuah gol ketika pertandingan baru berjalan 2 menit 25 detik. Inggris kemudian tersingkir pada babak perempat final setelah kalah dalam drama adu penalti.

2 menit 27 detik – Hristo Stoichkov (Bulgaria 1 – 0 Rumania, 13/6/1996)

St. James Park menjadi saksi bagaimana gol tunggal Stoichkov ketika pertandingan baru berjalan 2 menit 27 detik membuat Rumania menjadi tim pertama yang tersingkir di Euro 1996. Stoichkov berhasil memanfaatkan terpelesetnya Miodrag Belodedici dan berhasil menjebol gawang Bogdan Stelea melalui kaki kirinya. Deodatus S. Pradipto

0 komentar:

Posting Komentar